Tips : Inilah 7 Tanda Kalau Komputer Anda Sudah Terserang Virus

Inilah 7 Tanda Kalau Komputer Kamu Sudah Terserang Virus
Jika anda seorang pengguna komputer, Cepat atau lambat anda akan mengetahui tentang apa itu virus komputer. Secara teori, Virus komputer adalah suatu program yang sudah dirancang untuk memanipulasi sistem berdasarkan perintah yang telah dibuat sebelumnya.
Masalahnya tidak semua orang tahu cara  penangan dari virus, terlebih lagi, ada yang tidak tahu kalau komputer mereka sudah terserang oleh virus.
Berikut adalah 7 Tanda-tanda kalau komputer anda sudah terserang virus.

1. Komputer Terasa Berjalan Lambat

Jika awalnya komputer anda berjalan normal dan boleh dikatakan cepat dalam melakukan tugasnya, Namun ketika anda merasa komputer anda tiba-tiba berjalan lambat setelah anda melakukan sesuatu seperti mendownload file atau memasang flashdisk.
Boleh jadi komputer anda sudah terserang oleh virus, sebab, salah satu karakter virus adalah menurunkan kecepatan sistem kerana ada jenis virus yang memakan resource besar seperti di processor.

2. Komputer Restart dan Crash Secara Tiba-tiba

Ketika andasedang menggunakan komputer dan pada saat itu juga komputer anda tiba-tiba crash, hang atau bahkan restart dengan sendirinya, Boleh dipastikan kalau Komputer anda sudah terserang oleh virus.

3. Folder dan File Tiba-tiba Hilang atau  Jadi Banyak

Biasanya jika anda menemukan hal seperti iti, Virus yang menyerang bernama Win32.Ramnits, ini adalah virus legenda yang dari dulu dikenal selalu menyerang Flashdisk di cyber.

4. Aplikasi yang Diklik Tidak Mahu Terbuka / Respon

Ketika sebuah komputer tidak berjalan seperti biasanya, sebut saja ketika anda ingin membuka Google Chrome dengan meng-klik Ikon di Desktop, namun setelah beberapa lama tidak ada reaksi apa-apa, boleh jadi virus sudah menyusup masuk ke dalam sistem untuk merosakkan beberapa komponen penting dari Aplikasi tersebut.

5. Munculnya Amaran Pelik

Biasanya amaran ini akan muncul setelah komputer anda baru terserang virus, amaran yang muncul boleh jadi pemberitahuan dari antivirus atau bahkan terus dari virusnya sendiri.

6. Tidak Boleh Membaca atau Membuka Flashdisk

Sebenarnya kalau ini ada dua kemungkinan, antara komputer kamu sudah diserang virus atau memang flashdisk itu yang menyebarkan virus. Dengan begitu, Flashdisk tidak akan terbaca kerana kelakuan dari virus itu sendiri.

7. Tidak Boleh Melakukan Print

Salah satu keunikan Virus adalah merosakkan suatu hal yang tidak pernah kita duga. Siapa sangka bahwa salah satu penyebab tidak boleh melakukan print adalah kerana adanya virus di komputer anda, kemungkinan besar virus menyerang pada bagian Driver yang dimana itu terletak sama pada komposisi sistem Windows anda.

Kesimpulan

Sampai saat ini, belum ada cara untuk menghentikan penyebaran virus di dunia komputer. Yang boleh kita lakukan sekarang hanyalah mencegah agar virus tidak menyerang komputer kita dengan menggunakan Antivirus.
Pastikan komputer kamu menggunakan Antivirus yang terjamin, dan yang terpenting adalah selalu memiliki database virus terbaru, sekarang sudah banyak antivirus percuma yang bagus, seperti Avast!, AVG, Avira, dll.

kredit: Jalantikus.com
SHARE

Papa Mama

Hi. I’m Eyon. I’m Founder of CyberYour.blogspot.Com. I’m Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment